Wisata Mataram Lombok | Wisata Lombok Mataram | Pariwisata di Mataram | Tempat Wisata Mataram

Wisata Mataram Lombok | Wisata Lombok Mataram | Pariwisata di Mataram | Tempat Wisata Mataram

8 DESTINASI WISATA DI MATARAM YANG INSTAGRAMMABLE DAN UNIK

Ingin punya pengalaman wisata baru di Lombok? Mengapa tidak mencoba menjelajahi destinasi wisata di Mataram, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat?

Meski bukan menjadi tujuan favorit di pulau Lombok, namun destinasi wisata di Mataram termasuk salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Pantai dan taman yang keren menjadi alasan kenapa Mataram tidak boleh dilewatkan saat kamu sedang merencanakan sesi liburan kamu berikutnya.

Penasaran dengan destinasi wisata di Mataram yang Instagrammable dan unik? Daftar di bawah ini bisa menjadi acuan untuk didatangi!

1. Spot asyik menikmati ‘vitamin sea’ – Pantai Penghulu Agung
Di Mataram juga ada spot yang asyik untuk menikmati pemandangan pantai selain Pantai Senggigi di Lombok Barat lho, yaitu Pantai Penghulu Agung. Suasana pantai cukup sepi dan hanya diramaikan oleh deburan ombak yang menggetarkan.

Momen paling asyik untuk menikmati destinasi wisata di Mataram ini adalah pada sore hari, saat matahari mulai terbenam. Syahdu banget!

ILokasi: Ampenan Selatan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

2. Santai di pantai yang menawan – Pantai Ampenan
Pemandangannya memang tidak se-eksotis panorama pantai di Gili Trawangan dan lainnya, tapi nuansa yang ditawarkan Pantai Ampenan tidak kalah asyiknya, lho! Banyak spot asyik untuk menikmati nuansa pantai yang asyik, terutama di sore hari saat sunset. Ada juga spot selfie, yang dijamin akan membuatmu betah menghabiskan sore di pantai ini.

Lokasi: Jl. Pabean, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

3. Perpaduan apik nuansa alam, religi dan histori – Taman Maruya
Desainnya yang unik dan rapi membuat Taman Maruya menjadi destinasi wisata di Mataram yang ngehits untuk dikunjungi. Belum lagi nuansa asyik dan damai yang ditawarkan, ditambah segarnya semilir angin yang menyejukkan. Taman yang merupakan bagian dari Pura Mayura ini juga menjadi tempat suci bagi umat Hindu lho, jadi jangan bersikap tidak hormat di sini, ya!

Lokasi: Jl. Purbasari, Mayura, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

4. Replika keren Gunung Rinjani – Taman Narmada
Taman seluas tiga hektar ini diberi nama seperti nama anak sungai Gangga di India, yang memiliki arti mata air atau sumber kehidupan. Di luar filosofi tersebut, taman Narmada memiliki lanskap keren, yang konon dibangun untuk menjadi replika dari Gunung Rinjani.

Ada banyak bagian yang bisa dikunjungi dari taman ini, termasuk Telaga Ageng, replika dari Segara Anakan. Tertarik untuk berkunjung?

Lokasi: Jalan Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

5. Galeri sampah kertas yang keren – The Griya
Salah satu destinasi wisata keren di Mataram yang harus kamu kunjungi adalah The Griya. Tempat ini merupakan art gallery dengan produk-produk keren yang dibuat dari sampah kertas. Tidak hanya bisa melihat benda dan karya yang unik dari kertas bekas, kamu juga bisa belajar mendaur ulang sampah kamu. Pak Theo, seniman sekaligus pemilik The Griya, juga menyediakan kafe dengan pemandangan laut. Spotnya keren abis!

Lokasi: Jl. Layur, Ampenan Sel., Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

6. Wisata sejarah di kota tua – Kota Tua Ampenan
Bangunan tua yang terkesan oldies dan vintage dengan gaya artdeco selalu menjadi pemandangan yang menarik untuk dilihat; dan tempat yang sempurna untuk merasakannya di Mataram adalah kota tua Ampenan.

Deretan bangunan lawas tersebut bisa kamu nikmati di sepanjang wilayah Ampenan, baik dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan dokar lokal, yang disebut cidomo. Tertarik untuk berkunjung?

Lokasi: Kota Tua Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat

7. Masjid dengan kubah batik – Islamic Centre NTB
Dari 4,500 masjid lebih yang tersebar di seantero Lombok, salah satu yang menyita perhatian adalah Masjid Hubbul Wathan, atau yang lebih dikenal sebagai Islamic Centre NTB. Masjid indah ini memiliki keunikan, yaitu kubah masjidnya yang bertema batik. Karakteristik bangunan tradisional lombok dan Sumbawa juga dicantumkan sebagai identitas dari masjid ini.

Selain beribadah, kamu juga bisa belajar banyak hal mengenai perkembangan budaya, baik Islam dan banyak hal lainnya. Masjid ini juga cukup Instagenik, lho!

Lokasi: Dasan Agung, Selaparang, Gomong, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

8. Bagian dari Gunung Semeru di Mataram – Pura Meru
Pura umat Hindu yang dibangun pada tahun 1720 oleh Pangeran Anak Agung Made Larang ini menjadi yang terbesar kedua di Lombok. Pura Meru yang merupakan kependekan dari Gunung Semeru, sekaligus mewakili gunung tertinggi di Indonesia itu dianggap suci oleh leluhurnya.

Didedikasikan untuk tiga dewa utama umat Hindu (Brahma, Syiwa dan Wishnu), ada tiga pura utama yang memiliki simbol dan makna yang berbeda. Secara keseluruhan, nuansa dan atmosfer yang ada di sini asyik banget deh!

Lokasi: Jl. Selaparang No.20b, Mayura, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

Sumber: https://www.tripzilla.id/destinasi-wisata-di-mataram/10822

Histats